Apresiasi Komputer Untuk Pemula (Bagian 1)

Bagi mereka yang benar-benar ingin sempurna dalam pengoperasian dan pemahaman komputer, artikel berikutnya di ‘bagian’ ini akan membawa Anda secara perlahan dari dasar-dasar komputer hingga penggunaan perangkat lunak yang kompleks dalam sistem. Sebelum seseorang mulai menggunakan program dalam suatu sistem, ia ingin memahami komponen-komponen sistem dan penggunaannya. Jadi saya ingin memberi tahu Anda tentang arti komputer dan mungkin generasi komputer.

Definisi Sistem Komputer

Komputer didefinisikan dalam banyak cara oleh begitu banyak orang berdasarkan bidang spesialisasi mereka. Komputer adalah seperangkat perangkat yang saling berhubungan dan interaktif, yang menggunakan komponen elektronik untuk melakukan operasi yang telah ditentukan dengan presisi. Namun secara umum, sistem komputer hanya dapat didefinisikan sebagai perangkat elektronik, yang mampu menerima data sebagai input, memproses data, menyimpan data, dan memberikan hasil sebagai output dalam bentuk yang dapat dibaca manusia. Empat bagian dasar komputer adalah unit Monitor, Keyboard, Mouse, dan Sistem.

Sejarah Singkat Komputer

Sejarah dan perkembangan komputer selalu ditelusuri ke Charles Babbage, Bapak komputer dan Lady Ada Lovelace, Ibu Pemrograman. Komputer yang kita gunakan saat ini dengan sempurna tanpa stres dan kesulitan tidak diciptakan seperti yang kita lihat tetapi melalui serangkaian proses dan tahapan. Ada lima generasi komputer seperti yang dibahas secara singkat di bawah ini:

Komputer Generasi Pertama (Teknologi Tabung Vakum)

Komputer generasi ini terdiri dari komputer yang dikembangkan antara tahun 1944 dan 1959. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator), EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Computers) dan UNIVAC 1 dan 11 adalah komputer generasi pertama. Komputer generasi ini berukuran sangat besar, membuang banyak panas, beberapa sangat berat, dengan berat hingga 200 ton. Karena panas, mereka membutuhkan sistem pendingin khusus. Fitur dari teknologi generasi ini adalah penggunaan tabung vakum sebagai blok bangunan dasar untuk bagian logika komputer. Dalam hal kecepatan mereka sangat lambat dibandingkan dengan komputer generasi selanjutnya.

Komputer Generasi Kedua (Teknologi Transistor)

Teknologi yang memberikan ciri khas komputer generasi kedua adalah teknologi transistor. Meskipun perangkat ini dikembangkan pada tahun 1948 di Bell Telephone Laboratories, dan sebagian besar digunakan di dunia elektronik, baru pada tahun 1959 perangkat ini diperkenalkan dalam pembuatan komputer. Transistor ini menggantikan tabung vakum besar. Selain melakukan semua yang dapat dilakukan tabung vakum, transistor akan melakukannya dengan keandalan yang lebih besar, dengan kebutuhan daya yang lebih sedikit, pembangkitan panas yang lebih sedikit, pelepasan yang lebih murah, dan ukuran yang lebih kecil. Komputer yang dikembangkan antara tahun 1959 dan 1964 disebut komputer generasi kedua. Contoh: IBM 7030, 7070, 7090, 7094, Boroughs 200 series, UNIVAC III, Honey-well 800 dll. Perkembangan bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti FORTRAN dan COBOL merupakan inovasi lain yang dibawa oleh komputer generasi kedua dan 10 kali lebih cepat dari yang pertama.

Komputer Generasi Ketiga (Teknologi Sirkuit Terpadu)

Antara 1964 dan 1971, komputer generasi ketiga dikembangkan. Ini adalah teknologi sirkuit terpadu yang membuka pintu ke komputer generasi ketiga. Bahkan kita dapat mengatakan bahwa teknologi sirkuit terpadu telah benar-benar merevolusi teknologi komputer itu sendiri. Sirkuit terpadu dipasang pada sepotong kecil chip silikon. Teknologi ini progresif dari Small Scale Integration (SSI), yang berisi sekitar dua puluh transistor dan dioda yang saling terhubung, melalui Medium Scale Integration (MSI) yang memiliki lebih dari seratus transistor yang saling terhubung dalam satu chip, hingga Large Scale Integration (LSI) melebihi puluhan ribuan transistor dan dioda dalam satu chip. Kemajuan teknologi sirkuit Terpadu telah menghasilkan komputer yang lebih cepat, lebih andal, lebih murah, dan berukuran lebih kecil, yang kekuatannya dua kali lipat dari generasi sebelumnya. Faktanya, komputer generasi ini melahirkan komputer mini, yang kekuatan operasinya lebih dari generasi sebelumnya, keandalan dan kecepatan yang lebih besar, namun ukuran dan biayanya jauh lebih kecil. Mereka dapat melakukan perhitungan seratus kali lebih banyak per detik dan seratus kali lebih cepat daripada rekan-rekan generasi kedua mereka. Contoh: IBM 31360 – 31370 series, CDC 6600, 7600, Boroughs B5000 dan seri PDP II.

Komputer Generasi Keempat (Teknologi Mikro VLSIC

Sirkuit terintegrasi skala sangat besar (VLSICs), dimungkinkan oleh teknologi mikro pada periode 1971-1982 menyebabkan komputer generasi keempat. VLSIC memiliki antara 5.000 dan 50.000 gerbang (transistor), di mana mikroprosesor dibangun. Dampak dari teknologi ini semakin kecil dan semakin kecil tetapi komputer semakin kuat yang kecepatan dan keandalannya meremehkan komputer generasi sebelumnya. Era ini juga menghasilkan mikrokomputer yang dapat melakukan pekerjaan komputer besar generasi pertama dengan kecepatan ribuan kali lebih cepat dan dengan harga yang terjangkau bahkan oleh individu. Generasi ini juga memproduksi berbagai jenis paket perangkat lunak seperti paket pengolah kata, grafik, game, paket spreadsheet, dan sistem manajemen basis data. Kemampuan jaringan juga ditingkatkan di era ini. Contoh komputer generasi keempat termasuk komputer mini IBM 3033, HP 3000, Apple II, Boroughs B7700.

Komputer Generasi Kelima (Era Kecerdasan Buatan)

Teknologi komputer generasi ini ditandai dengan Super Large Scale Integration (ULSI), Ultra Large Scale Integration (ULSI), parallel processing, Artificial Intelligence, Speech Processing, Pattern Recognition dan Expert System. Fitur yang membedakan komputer generasi ini adalah kecepatan dan kekuatannya yang luar biasa. Perampingan komputer yang konstan dilakukan hari ini, komputer yang lebih baru, lebih kecil, dan lebih kuat terlihat dari hari ke hari. Mikrokomputer canggih saat ini telah meremehkan kemampuan mainframe di masa lalu. Motherboard Pentium II dengan kecepatan clock lebih tinggi dari 300 MHz dan ruang penyimpanan hard disk lebih dari 20 Gigabyte dengan kemampuan luar biasa, kini terjangkau bahkan untuk kelompok berpenghasilan rendah. Jaringan, mulai dari area lokal, luas hingga Internet adalah fitur umum dari komputer generasi ini dan telah membuat seluruh dunia menjadi desa global.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *