Benarkah Teknologi Membuat Hidup Lebih Mudah?

Saya tumbuh di tahun 1960-an dan 70-an ketika tidak ada komputer, PDA, atau telepon seluler. Tidak ada microwave, tidak ada DVD, tidak ada pemutar MP3 dan hanya ada sekitar 7 stasiun televisi yang bagus. Kami tidak tinggal di rumah dan bermain video game sepanjang hari karena tidak ada video game untuk dibicarakan saat itu. Sebaliknya kami bermain di luar, berbicara dengan teman-teman kami di telepon dan mendengarkan musik.

Saya mengatakan hal ini kepada kedua putra saya tempo hari dan mereka duduk di sana tertegun ketika mereka menemukan konsep ini sulit untuk membungkus otak mereka. Saya menduga bahwa saya melakukan hal yang sama sebagai seorang anak ketika orang tua saya sendiri memberi tahu saya tentang masa kecil mereka dan bagaimana dunia ini.

Hari ini kita diberitahu bahwa teknologi ada di sini untuk membuat hidup kita lebih mudah. Microwave membantu kita memasak makanan lebih cepat. Internet membantu kita mendapatkan informasi lebih cepat dan memungkinkan kita untuk tetap berhubungan dengan teman, keluarga, dan rekan bisnis. Kami memiliki lebih banyak stasiun televisi untuk memberi kami lebih banyak pilihan, kami memiliki ponsel sehingga kami dapat tetap berhubungan satu sama lain dan kami memiliki laptop sehingga kami dapat mengakses internet di mana saja di dunia.

Ok…mari kita lihat kembali paragraf terakhir itu.

Dari tempat saya duduk, tampaknya semua teknologi modern mutakhir kita telah melakukan yang sebaliknya … itu telah membuat hidup kita semakin gila! Ini telah memberi kita lebih sedikit waktu daripada lebih banyak.

Jika Anda berusia dua puluhan dan tiga puluhan, pikirkan tentang masa kecil orang tua Anda dan seperti apa kehidupan saat itu. Jika Anda berusia empat puluhan atau lebih (seperti saya … menghela nafas) maka pikirkan tentang masa kecil Anda sendiri. Apa yang terjadi pada semua orang ketika jam kantor berakhir? Apa yang terjadi ketika orang meninggalkan pekerjaan dan pulang?

Apa yang mereka lakukan?

Mereka beristirahat.

Mereka punya waktu untuk berpikir dan berefleksi dan melakukan sesuatu yang sangat sedikit dari kita lakukan di dunia sekarang ini … mereka santai!

Ketika saya tumbuh dewasa, kami tidak memiliki ponsel dan laptop sehingga kami bersantai, pergi makan malam, berjalan-jalan, menonton televisi, mendengarkan musik, dan membaca buku. Kami mematikan pikiran kami sejenak dan membiarkannya reboot sendiri.

Teknologi modern telah menghilangkan ini dari kita. Alih-alih istirahat saat pulang kerja, kami bekerja di laptop kami dan terus-menerus memeriksa PDA kami. Kami membawa ponsel kami dan menjawabnya di mana pun kami berada … di restoran, pesawat terbang, bioskop, lapangan sepak bola, di mobil kami … di mana-mana!

Kapan tepatnya kita beristirahat dan membiarkan pikiran kita mati sejenak?

Teknologi modern telah membuat segalanya menjadi sulit. Itu telah melepaskan monster yang disebut stres yang membuat dunia kita sakit dan lelah. Ini mengganggu kita. Dia memiliki kita!

Pernahkah Anda menonton film Terminator? Mesin apa yang menguasai bumi? Apakah Anda tahu? Mesin menguasai bumi kita. Tidak dengan cara yang jahat seperti di film, tapi mereka masih menguasai bumi. Regulasi teknologi.

Stres adalah hal buruk yang menyebabkan beberapa penyakit menjadi lebih buruk, dan tidak ada antibiotik yang bisa Anda minum untuk mengatasinya. Stres membunuh dan hanya ada satu obat untuk itu.

Kamu butuh istirahat.

Baru-baru ini, Ron dan saya pergi ke Disneyworld di Florida bersama putra kami. Kami mengambil ponsel dan laptop kami karena kami ingin memeriksa email dan pesan suara kami saat kami berada di sana. Untuk beberapa alasan aneh, ponsel kebanyakan tinggal di kamar karena kami lupa membawanya, dan kami tidak pernah menyalakan laptop. Sebelum kami menyadarinya, kami pergi hampir sepanjang minggu tanpa memeriksa pesan kami. Saya memeriksanya sekitar setengah minggu dan menjawab beberapa panggilan, tetapi kebanyakan tidak berhasil.

Apakah dunia sudah berakhir? Apakah kita kehilangan perusahaan kita? Apakah pelanggan pergi?

Tidak.

Kami pulang dengan pikiran segar dan menjawab panggilan, menjawab email, dan kehidupan terus berjalan. Kami pasti lelah (apakah Anda pernah melakukan empat taman hiburan dalam empat hari?) Tapi tidak ada yang terjadi. Hidup seperti yang kita tahu itu tidak berakhir !!! Sebaliknya kami dapat fokus pada pekerjaan yang tersedia karena kami segar dan santai.

Teknologi mempercepat kemampuan kita untuk melakukan sesuatu. Kita dapat meneliti lebih cepat, memasak lebih cepat, dan terhubung dengan orang lain lebih cepat. Namun, itu juga menyebabkan kita merasa perlu untuk selalu berhubungan! Kami merasa harus memeriksa email kami pada pukul 10:00 malam, kami harus menjawab telepon saat makan malam, dan kami harus memeriksa PDA kami setiap jam di mana pun kami berada.

Kapan Anda bersantai dan mematikan pikiran?

Saya mengerti bahwa semua orang ingin maju. Saya mengerti sepenuhnya. Namun, untuk bergerak maju, Anda perlu sesekali mundur beberapa langkah agar dapat melihat dengan lebih baik ke mana Anda ingin pergi.

Jadi apa yang bisa kita lakukan?

Kita dapat mematikan komputer setelah makan malam dan tidak menyalakannya kembali sampai pagi. Kita dapat mematikan ponsel kita sesekali dan membiarkan pesan suara menjawabnya. Kita bisa berjalan. Kita bisa pergi berlibur tanpa laptop. Kami bahkan dapat pergi berlibur dan hanya memeriksa pesan suara kami sekali atau dua kali! Dunia tidak akan berhenti! Orang mungkin mengira Anda telah diculik, tetapi bagaimana caranya? Anda akan terhubung kembali dengan mereka.

Jika Anda tidak rileks dan membiarkan tubuh dan otak Anda reboot sendiri, maka tubuh Anda akan rusak. Pada akhirnya, teknologi akan merampas kualitas hidup Anda yang sebenarnya karena itu akan menyakitkan dan Anda tidak akan dapat melakukan apa yang ingin Anda lakukan.

Jadi inilah tantangan saya …

Saya menantang Anda semua yang membaca artikel ini untuk kehilangan ponsel Anda selama satu atau dua hari dan lihat apa yang terjadi. Saya menantang Anda untuk mematikan komputer Anda sekitar pukul 6 sore di malam hari dan tidak menyalakannya kembali dalam keadaan apa pun sampai hari berikutnya selama seminggu. Kemudian lihat apa yang terjadi!

Semua orang memberi tahu Anda bahwa Anda perlu makan dengan benar dan banyak berolahraga. Betul sekali! Namun, ada kunci kehidupan ketiga yang lebih penting … Anda perlu bersantai!

Jadi, alihkan pikiran Anda sejenak. Dengarkan musik. Membaca buku. Bicaralah dengan anak-anak Anda. Pergi belanja. Pergi ke acara komedi dan tertawa.

Berhentilah mengabaikan apa yang dikatakan tubuh Anda! Saya tahu bahwa itu telah mendesak Anda untuk memperlambat dan mengambil napas dalam-dalam. Dengarkan itu. Dia tahu apa yang dia lakukan.

Cukup kata.

Sekarang mari kita lihat … Saya sedang menulis artikel tentang kelemahan teknologi di komputer saya, telepon saya berdering di sebelah saya dan sebuah email baru tiba.

Hmmm… mungkin sudah waktunya istirahat!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *