Google Chromebook Termurah di Dunia – Apakah Layak?

Lain kali Anda berbelanja komputer baru, kemungkinan perangkat yang tepat untuk Anda sebenarnya adalah Chromebook. Pada dasarnya jika Anda melakukan sesuatu di browser web, dan Anda memerlukan cara hebat dan murah untuk melakukan email, dokumen Word, Pandora, dan Netflix; Chromebook memiliki semua yang Anda butuhkan. Jika Anda lebih dari penggemar video game atau desainer grafis maka jenis laptop ini mungkin bukan untuk Anda, tetapi selain itu, ini adalah kesepakatan yang murah untuk siapa saja yang mencari komputer murah. Hampir setiap produsen PC sedang membuat Chromebook saat ini, dan yang termurah yang dapat Anda temukan di pasaran saat ini adalah Chromebook Hisense – mulai dari $149.

Laptop ini akan membuat Anda sedikit terkejut dengan kinerjanya dibandingkan dengan banderol harganya. Ini memiliki prosesor empat inti dengan 2 GB RAM dan 16 GB ruang hard drive yang hampir sama kuatnya atau terkadang lebih kuat daripada beberapa smartphone besar. Laptop sebagian besar terbuat dari plastik, namun sandaran tangan dan track pad terbuat dari aluminium. Ini sangat tipis dan ringan pada saat yang sama, dengan berat sekitar 2,3 pon. Namun, Google Chromebook termurah adalah magnet sidik jari – Anda dapat mulai melihat kotoran hanya dengan menyentuhnya. Speakernya terletak di bagian belakang komputer dan suaranya cukup bagus. Untuk mencegah laptop geser saat mengetik juga ada 4 bantalan karet. Chromebook Hisense memiliki layar LED 11,6 inci, dengan resolusi default 1366*768. Meskipun Anda dapat meningkatkannya menjadi 1536*864, penskalaan akan menyebabkan font menjadi buram dan terdistorsi, jadi tetaplah pada pengaturan default. Di bagian atas Anda dapat menemukan kamera dan mikrofon menghadap ke depan 720p. Di sebelah kiri ada port pengisian daya, HDMI dan USB 2.0, dan di sisi lain ada port headphone/mikrofon, USB 2.0 lainnya, dan pembaca kartu micro SD. Hisense juga menjanjikan daya tahan baterai hingga 8,5 jam – sesuatu yang seharusnya tidak dimiliki oleh kebanyakan laptop, terutama yang murah seperti ini.

Sekarang, karena ini adalah Chromebook, itu akan bergantung 90% pada koneksi Internet. Chromebook pada dasarnya digunakan untuk menjelajahi Internet, mengetik dokumen Word, dan bermain game ringan. Hisense memiliki Chrome OS versi terbaru dan Anda akan mulai melihat semakin banyak aplikasi yang berjalan offline, yang terbukti sangat membantu. Menonton video biasa di laptop ini cukup lancar, tidak ada stuttering atau lag, tetapi pastikan Anda melihat langsung ke tengah layar karena sudut pandangnya tidak terlalu bagus – semakin Anda memanipulasi atau memutar laptop, semakin banyak distorsi Anda akan melihat. Sekarang jika Anda mencoba menonton video 4k, Anda akan mengalami masalah – tidak ada cukup daya pemrosesan untuk melakukan streaming video 4k dan itulah sebabnya laptop tertinggal dan mengejutkan. Dengan gim dasar yang tersedia melalui Toko Web, gim ini bekerja dengan baik tanpa jeda. Saat grafik gim menjadi lebih intensif, Anda akan mulai melihat beberapa kelambatan dan kegagapan yang serius. Google Chromebook termurah juga menampilkan tata letak QWERTY yang ringkas. Tombol-tombolnya cukup responsif, tetapi akan terasa sedikit “murah” saat Anda mengetik. Lagi pula, Anda tidak bisa mengharapkan lebih dari harga seperti itu.

Kesimpulannya, seharga $ 150 Chromebook ini cukup bagus. Jika Anda hanya membutuhkan laptop untuk mengetik dokumen dan membuka web, maka ini benar-benar pilihan terbaik yang Anda miliki, terutama jika Anda memiliki anggaran terbatas. Karena ramping dan ringan, cepat, tahan lama, dan memiliki masa pakai baterai yang sangat lama, Chromebook ini juga ideal untuk siswa – karena Anda dapat melakukan hampir semua pekerjaan sekolah di dalamnya, selama ada koneksi internet. Jika tidak, ini bukan pilihan yang baik untuk gamer, programmer atau desainer grafis yang membutuhkan komputer dengan grafis yang kuat dan prosesor built-in.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *