Masalah Umum Pada Laptop & Beberapa Solusinya – Tumpahan Cairan, Pendingin, Daya & Layar Tampilan LCD

Memperbaiki Masalah Umum Laptop

Tumpahan Cairan di Laptop

Saya telah memperbaiki banyak Laptop yang rentan terhadap tumpahan cairan yang tidak disengaja. Ini adalah kondisi reversibel dalam banyak kasus. Sangat penting untuk merespons proses pembersihan secepat mungkin (sebelum terjadi korosi atau perendaman internal)! Intrusi cairan dapat menyebabkan jenis kerusakan laptop berikut:

  • Hubungan pendek karena sifat konduktif cairan basah (masalah mungkin hilang saat cairan kering)
  • Hubungan pendek karena residu cairan kering
  • Terjadi korosi (terutama tidak menentu dengan beberapa minuman ringan asam – Coke)
  • Komponen elektronik rusak oleh korsleting di atas

Solusi yang memungkinkan: Segera bila terjadi tumpahan, matikan laptop, balikkan laptop dan biarkan unit terbalik (drain) minimal 20-30 menit. Kemudian, lepaskan semua kabel yang terpasang, lepaskan unit daya dan baterai, dan biarkan unit mengering di udara semalaman.

Untuk menghilangkan sisa cairan: Minta seseorang untuk melepas unit keyboard dan melakukan pembersihan tambahan. Mungkin membantu untuk menggunakan cotton buds dan air suling untuk menghilangkan kontaminan. Jika diduga efek samping korosif (dengan kokas), gosok perlahan area yang dicurigai dengan cotton bud yang dilembabkan dengan CRC atau WD-40. Keringkan area yang dirawat sehingga hanya lapisan tipis larutan anti korosi WD-40 yang tersisa. Saat keyboard dilepas, gunakan cahaya terang dan kaca pembesar untuk memeriksa area kontak cairan.

Laptop dimatikan secara acak

Hal ini biasanya disebabkan oleh:

  • Adaptor daya AC mendeteksi pengurasan daya berlebih
  • Prosesor terlalu panas karena debu internal (kipas tersumbat)
  • Adaptor daya AC tidak dapat mempertahankan kebutuhan daya normal (adaptor daya rusak)
  • Baterai terlalu panas, karena kerusakan pada baterai internal atau tingkat pengisian daya
  • Hubungan pendek terputus atau koneksi terbuka (periksa kondisi indikator daya)

Pada Laptop lama, penyebab paling umum adalah pendinginan yang buruk. Cobalah pergi ke tempat ber-AC dan lihat apakah itu membantu. Periksa area di dekat kipas pendingin internal; melihat apakah ada tumpukan serat debu. Cara mudah untuk memeriksa ini; saat unit berjalan, rasakan aliran udara dari outlet pendingin – apakah aliran udara sangat rendah? Jika demikian, dan unit berada pada suhu operasi normal, ini mungkin menunjukkan sistem pendingin internal yang tersumbat sebagian.

Memecahkan Masalah Tampilan Video LCD Laptop

Berikut adalah beberapa tip dan trik untuk pemecahan masalah dan pemecahan masalah video laptop. Masalah video sangat umum di komputer seluler dan dengan tip berikut Anda seharusnya dapat mendeteksi dan menghilangkan masalah video laptop dasar.

Layar LCD laptop memiliki gambar buram atau sangat gelap

Perhatikan baik-baik layar LCD laptop, dan lihat apakah Anda dapat melihat gambar yang sangat buram. Jika bisa maka kemungkinan saklar tutup penutup LCD Laptop macet di posisi tertutup. Dalam mode ini, lampu latar tetap mati, bahkan dengan penutup LCD terbuka. Hal ini untuk menghemat daya saat laptop ON dengan LID tertutup. Periksa sakelar penutup penutup LCD. Ini adalah pin plastik kecil yang terletak dekat dengan engsel LCD belakang. Coba ketuk sakelar penutup beberapa kali untuk melihat apakah Anda dapat menyalakan lampu latar layar. Jika itu tidak membantu, maka saya sarankan mengganti papan inverter FL.

Layar LCD laptop berwarna putih solid atau berantakan

Hubungkan monitor komputer eksternal ke laptop. Jika tampilan monitor eksternal bagus, maka Anda mengalami masalah dengan layar LCD Laptop atau koneksi kabel LCD. Jika gambar pada monitor eksternal sama dengan pada LCD Laptop, maka kemungkinan besar video onboard terintegrasi yang rusak, ini berarti mengganti motherboard Laptop.

Instalasi layar LCD Laptop Biasa

Berikut adalah penjelasan singkat tentang komponen dasar yang terlibat dalam masalah tampilan video LCD Laptop:

  • konektor LCD: Data video dikirim dari motherboard melalui layar LCD. Kabel video juga menyalurkan tegangan ke papan inverter FL pada panel LCD
  • FL inverter PCB: Bagian ini mengubah sumber DC tegangan rendah menjadi AC tegangan tinggi, sesuai kebutuhan untuk menyalakan bola lampu latar. Jika PCB inverter FL rusak, layar LCD akan menampilkan gambar yang sangat redup di layar tampilan Laptop
  • CCFL (bola lampu latar): Ketika bola lampu latar bekerja, Anda dapat melihat gambar di layar LCD. Pada beberapa Laptop, bohlam lampu latar adalah bagian dari unit layar LCD dan perlu diganti dengan unit layar LCD yang lengkap. Dibutuhkan bengkel perbaikan Laptop khusus untuk mengganti bohlam lampu latar
  • Sakelar penutup laptop: Sakelar ini adalah sakelar kecil (mekanis atau magnetis) yang terletak dekat dengan engsel display belakang. Sebagian besar laptop akan hibernasi atau beroperasi dalam mode siaga saat LCD ditutup. Ini dicapai dengan berinteraksi dengan perangkat lunak manajemen daya BIOS Laptop. Selanjutnya ini terkait dengan sistem operasi Windows



Laptop melambat dan terus menampilkan pop-up Internet

Laptop kemungkinan besar terinfeksi spyware. Spyware adalah perangkat lunak yang bersembunyi di komputer Anda dan mencoba mengumpulkan informasi tentang aktivitas Anda di internet. Spyware terkadang ditransfer ke komputer Anda saat Anda mengunduh perangkat lunak gratis ‘tidak dikenal’ atau saat Anda menautkan ke program musik Internet gratis (KaZaA, Limewire, BearShare, dll.). Metode terbaik untuk menghapus dan memblokir spyware adalah dengan menggunakan Spybot. Silakan baca Halaman Bantuan Perangkat Lunak Mata-mata saya.

Laptop beku, tidak ada respon keyboard atau mouse, tidak bisa Mati

Dengan kebanyakan Laptop saya telah melihat bahwa ini akan terjadi dari waktu ke waktu! Cara mudah untuk mengatasi masalah ini adalah:

  • Cabut kabel daya laptop
  • Lepaskan baterai dari laptop
  • Harap tunggu (10 detik)
  • Pasang kembali baterai Laptop ke dalam unit
  • Sambungkan kembali kabel daya Laptop
  • Nyalakan Laptopnya

Laptop akan mulai seperti biasa dan beroperasi penuh. Jika Anda sedang mengerjakan dokumen Microsoft Word atau Excel pada saat masalah, maka Anda mungkin menemukan bahwa data telah dipulihkan secara otomatis untuk Anda. Dalam hal ini, Anda akan secara otomatis diminta untuk melihat dokumen terakhir yang Anda kerjakan saat membuka program Microsoft.

Memecahkan masalah Laptop Hibernate dan Standby

Opsi manajemen daya pada laptop terkadang menimbulkan masalah. Mode Hibernate dan Standby adalah mode operasi hemat daya untuk laptop bertenaga baterai.

Hibernasi adalah prosedur di mana status kerja (konten) pekerjaan Anda disimpan ke disk sebelum komputer masuk ke mode hibernasi atau standby. Ketika Laptop dikembangkan, Anda dikembalikan ke tempat asli Anda sebelumnya. Siaga dan Hibernasi menggunakan mode konsumsi daya rendah, dengan daya yang cukup untuk mempertahankan isi memori. Ini berarti laptop bisa bangun tanpa restart penuh dan kehilangan pekerjaan.

Laptop tidak bangun dari Siaga atau Hibernasi

Berikut adalah rekomendasi saya yang telah diuji:

  • Berikan waktu – beberapa laptop lama mungkin memerlukan waktu hingga 30 detik untuk bangun – sepenuhnya
  • Beberapa Laptop memiliki tombol atau tombol khusus untuk ‘Bangun’ – baca manualnya
  • Tekan dan tahan tombol daya Laptop selama lima detik atau lebih. Beberapa Laptop dikonfigurasikan ke Hang atau Hibernate dengan menekan tombol power. Menahan tombol daya selama 5+ detik biasanya akan mengatur ulang dan mem-boot ulang Laptop
  • Sebagai langkah terakhir, lepaskan baterai laptop dan kabel daya, tunggu 30 detik, ganti baterai dan sambungkan kembali kabel daya

Karena Laptop sudah beroperasi, Anda harus menyelidiki masalah yang mendasarinya. Biasanya, masalah seperti itu muncul dari kesalahpahaman apakah antara fitur manajemen daya BIOS Laptop dan Windows.

Konflik dengan Laptop Manajemen daya BIOS dan manajemen daya Windows adalah penyebab paling umum dari kegagalan pengaktifan tersebut. Coba pengaturan yang berbeda di BIOS untuk melihat apakah itu bisa menyelesaikan masalah. Lihat untuk melihat apakah BIOS Laptop dikonfigurasikan untuk menggantung komputer, dan bagaimana perbandingannya dengan nilai yang dikonfigurasi di Windows. Dalam kebanyakan kasus, biarkan Windows mengontrol manajemen daya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *