Pengantar VPN Seluler

Artikel berikut ini bertujuan untuk memberikan pengenalan singkat tentang konsep mobile VPN, cara kerjanya dan potensi aplikasinya dalam bisnis dan sektor publik.

VPN Seluler

Virtual Private Network atau VPN adalah mekanisme yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan aman ke jaringan lokal dari lokasi yang jauh di seluruh jaringan publik menggunakan data terenkripsi dan plot otentikasi di setiap titik akhir.

Istilah VPN seluler, atau mVPN, mengacu pada sistem di mana pengguna perangkat seluler seperti ponsel, tablet, dan laptop terhubung dengan aman ke jaringan lokal tetap dari lokasi yang jauh, melalui internet, dengan menghubungkan awalnya ke jaringan nirkabel atau jaringan operator. ponsel. . Tantangan utama untuk VPN seluler berkaitan dengan fakta bahwa pengguna dan perangkat mereka, menurut definisi, menjadi seluler. Mereka perlu mengakses koneksi VPN mereka dari jaringan yang berbeda, sering berkeliaran di antara jaringan saat mereka bergerak dan terkadang mengalami momen offline di antara jaringan ini (atau saat mereka mematikan perangkat). Tujuan dari VPN seluler adalah untuk memungkinkan perangkat diautentikasi saat menghubungkan dari berbagai jaringan ini dan untuk mempertahankan sesi VPN saat pengguna dan perangkat mereka sedang roaming.

Masalah yang ditimbulkan oleh hal ini, bagaimanapun, adalah berbagai. Pertama, alamat IP perangkat klien akan bervariasi tergantung di mana mereka mengakses jaringan, membuat otentikasi lebih sulit. Perangkat mungkin diberi alamat IP dinamis (yang karenanya akan berubah setiap kali terhubung), terlepas dari lokasinya, tetapi selain itu, alamat IP perangkat akan berubah setiap kali terhubung dari jaringan seluler atau nirkabel yang berbeda (Wi -Fi hotspot). Terlebih lagi, saat pengguna menjelajahi jaringan, identitas titik akhir perangkat akan berubah setiap kali mereka beralih dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Kedua, saat perangkat offline saat berada di lokasi tanpa jaringan yang tersedia, beralih dari satu perangkat ke perangkat lain atau tidak aktif dapat mengakibatkan penangguhan sesi VPN.

Bagaimana cara kerjanya?

Model klasik VPN melibatkan pembuatan terowongan aman (di mana informasi dienkripsi) melalui internet, pada dasarnya dari satu alamat IP ke alamat IP lainnya, biasanya dengan alamat IP dari setiap titik akhir yang telah ditentukan sebelumnya. Mekanisme ini menimbulkan dua masalah bagi pengguna ponsel. Pertama, sistem seluler tidak dapat menggunakan otentikasi IP jika alamat IP perangkat penghubung berubah setiap saat, yang meniadakan salah satu metode otentikasi, menghapus tingkat keamanan untuk VPN. Kedua, terowongan ini akan meledak setiap kali IP titik akhir berubah atau saat perangkat sedang offline. Oleh karena itu, VPN seluler mengatasi rintangan ini dengan perangkat lunak VPN yang memberikan alamat IP statis konstan ke perangkat sebenarnya daripada mengandalkan alamat IP yang ditetapkan ke jaringannya. Selain itu, mereka dapat menggunakan sesi VPN virtual yang terbuka saat status perangkat berubah dan kemudian login otomatis untuk membangun kembali koneksi saat perangkat terhubung kembali.

Dimana Bisa Digunakan?

VPN Seluler dapat bermanfaat untuk profesi atau industri apa pun di mana pelanggan sedang bepergian, bekerja dari berbagai lokasi; terutama di mana informasi yang diakses dan dikirimkan bersifat sensitif dan oleh karena itu perlu disimpan dengan aman. Di sektor publik, misalnya, VPN seluler dapat memungkinkan profesional kesehatan untuk berkomunikasi dengan jaringan pusat saat berada di luar operasi atau rumah sakit (yaitu, di lapangan), untuk melihat dan memperbarui catatan pasien. Layanan publik lain yang pekerjaannya juga mengharuskan mereka untuk terus bergerak, seperti polisi, dapat menggunakan teknologi dengan efek yang sama untuk melihat database terpusat.

Meskipun awalnya populer di sektor publik, teknologi juga menjadi penting bagi sektor swasta dengan perusahaan menyadari nilainya dalam memungkinkan output berjalan lancar bagi karyawan dalam bisnis di mana perjalanan merupakan elemen penting dari pekerjaan. Contoh dari sektor swasta dapat mencakup layanan transportasi dan pengiriman, pekerja utilitas dan penjual perjalanan.

Karena efisiensi biaya dan produktivitas bekerja dengan aman saat bepergian diwujudkan oleh bisnis dan layanan publik, dan dengan proliferasi yang berkelanjutan dari ponsel cerdas dan tablet, penggunaan teknologi VPN seluler diatur untuk mengumpulkan tingkat yang signifikan dan akibatnya menjadi biasa di banyak tempat. . aspek kehidupan kita.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *